Thursday, June 17, 2010

Lombok: Pulau Nan Eksotik

anjriiiiiiiiittttt...
asseeeeemmm....
gw bener2 blank...
blank blank blank....
g tau mau nulis apa nih,,,,

daripada posting kosong melompong, mending posting ini aja...
temen2 pada tahu pulau lombok kan??? nah kalau nnti ada kesempatan berlibur ke sana, jangan lupa kunjungi lokasi2 di bawah ini:

1. Suranadi. Di sini ada hotel lengkap dengan kolam renang air hangat dan lapangan tennis. Juga ada pura Hindu tertua, berlokasi 17 km jika naik kendaraan dari kota Mataram.
2. Lingsar. Pura dengan ikan keramat di dalam kolam, lokasi 9 km dengan naik kendaraan dari kota Mataram.
3. Narmada. Kebun Raya Lombok, dengan kolam renang, serta ada pura Hindu yang sering digunakan umat Hindu untuk bersembahyang, lokasi 12 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
matahari-terbenam-di-pura-batu-bolong.jpg
Menjelang matahari terbenam di Pura Batu Bolong, Lombok
4. Batu Bolong. Terdapat pura diatas batu karang yang menjorok ke laut, dan jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali, serta bagus untuk melihat pemandangan saat sunset. Lokasi 8 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Untuk memasuki area, maka kita diwajibkan memakai pita kuning dari kain (dapat menyewa di lokasi), yang dipasang melingkari pinggang. Pemandangan disini indah sekali, air laut menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang, menimbulkan bunyi gemerosak. Sayang saat saya kesini, cuaca masih mendung selepas turun hujan, tapi pemandangan indah sekali. Matahari mengintip di sela-sela awan, dan cahayanya jatuh terpantul di air laut.
laut-lombok-dari-batu-bolong.jpgpantai-senggigi-senja-hari.jpg
Mendung menjelang sunset di pantai Senggigi
5. Senggigi. Pantai alam berpasir putih yang bersih, dikelilingi hotel, losmen dan bungalow. Sangat indah sekali, terutama jika waktu sunrise maupun sunset. Lokasi 10 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Di pantai banyak penjaja cinderamata, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna warni, mulai dari harga Rp.25.000,- Juga penjaja kaos bertuliskan Lombok dan Senggigi, serta ukiran khas Lombok pada kayu, bisa berupa tempat buah, topeng dan lain-lain.
6. Sire Beach. Taman laut dengan exotic coral dan ikan yang berenang kian kemari. Berlokasi 36 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
7. Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau kahyangan di utara Lombok, dikelilingi taman laut. Disini banyak orang diving maupun surfing. Di pulau ini sudah banyak hotel dan losmen, sehingga bisa menginap disini, pantainya masih asli. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kapal motor.
8. Sukarare. Desa tempat orang menenun, disinilah jika ingin membeli kain tenun tradisional khas Lombok, serta melihat bagaimana para penenun melakukan pekerjaannya. Lokasi 25 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
9. Rambitan/Sade. Desa asli Lombok, dengan rumah tradisional suku Sasak, lokasi 50 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
10. Kuta/Tanjung Aan. Pantai Mandalika dengan lampu-lampu yang berkilauan , dimana kita bisa berenang, terdapat hotel dan restoran. Setiap tahun ada perayaan menangkap/melihat Nyale fish, lokasi 56 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
11. Mataram. Mataram adalah ibu kota propinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Ampenan merupakan kota pelabuhan lama (sekarang sudah pindah ke Lembar). Kota Ampenan berciri khas arsitektur kuno, yang bila dibersihkan dan dirawat dengan baik, akan menjadi daerah tujuan wisata yang digemari. Di kota Mataram (yang sudah menjadi satu kesatuan dengan kota Ampenan dan kota Cakranegara) kita bisa wisata kuliner, dengan makan makanan Lombok yang ciri khasnya adalah pedas. Di Jakarta kita sering melihat rumah makan Taliwang, yang ternyata Taliwang adalah nama suatu daerah, yang awalnya banyak penjual makanan khas Lombok di daerah ini. Makanan khas Lombok, antara lain: Plecing kangkung, ayam plecingan, ayam julat (ayam yang bumbunya pedas sekali), sambel beberok. Plecing ternyata merupakan nama masakan, sehingga dikenal masakan kangkung yang diberi /dimasak bumbu plecing, ayam yang dimasak plecing (ayam diberi bumbu pedas, didiamkan, dibakar/digoreng, kemudian diberi bumbu pedas lagi). Sambel beberok adalah sambel yang dibuat dari irisan terong ungu, irisan bawang merah, irisan tomat dan cabe, disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya. Minuman yang khas adalah kelapa madu, terdiri dari air kepala muda, dan kelapa mudanya di suwir-suwir serta diberi madu…ehhm…sedaaap. Untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, bisa di Cilinaya Shopping Centre.
12. Cakranegara. Merupakan kota bisnis, terdapat pasar pertanian, pasar burung, dan mata air Mayura serta pura Meru, pura terbesar di Lombok. Cakranegara konon dulunya merupakan bekas kerajaan, namun bekas kerajaan (situs) sudah tak bisa dikenali. Jika ingin oleh-oleh makanan, maka bisa membeli kaki ayam goreng, telur asin dan berbagai manisan dari rumput laut.

artikelnya dikopas dari sini nih.
***
sekian dulu dah, bingung saya mau posting apa...

22 comments:

  1. hoho.. maksih infonya
    berguna banget nih, karena dari dulu pengen banget ke pulau lombok seklian bulan madu 6 taon lagi.., heuheuheu

    Oya., ijin follow juga yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      Delete
  2. info yg bermaanfaat bung.thx ya

    ReplyDelete
  3. sehat roel, kairo panas bgt, lg summer^^

    lucu juga kamu, opening tulisannya "blank" ternyata malah jadi satu halaman lebih hihi

    ReplyDelete
  4. cerpenmu na roel dipostingkan ^^

    ReplyDelete
  5. hoho..yg penting infonya bermanfaat roel, kn uda mulai musim liburan ni :D

    ReplyDelete
  6. *ada yang saya bisa bantu...?

    saya orang lomobok, hohohoho
    masih banyak sudut2 lain dari lombok yang belum diexplorasi

    ReplyDelete
  7. wah, waktunya jalan2 neh,,,

    lombok mang keren sob,,, aku suka gili trawangan..
    menarik banget utk diknjungi...

    salam, langit

    ReplyDelete
  8. promosi nie ^_^, saya sendiri sangat senang jalan-jalan, semoga ada jalan menuju kesana...^_^

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen banget pergi ke Lombok.. Kapan ya ?

    ReplyDelete
  10. Mau nabung ah.., biar bisa pergi ke Lombok.

    ReplyDelete
  11. wah lombok adalah pulau favorit buwel neh, thanks mas roel infonya...

    ReplyDelete
  12. wakakakakak.. anjrittt nya itu lho... hihihi

    ReplyDelete
  13. enak banget jalan2 kesana ya sob apa lagi sama ceweknya he he he

    ReplyDelete
  14. BARU NYADAR KAO JUDUL SAMA ISI TULISAN G NYAMBUNG, WKWKWKWKWKWKK....
    DUDUTS..........

    ReplyDelete
  15. Duuhh,,keren,yo,,foto2ne d Lombok itu.. ^o^
    Kalo' Probolinggo ke Lombok butuh dana brapa,,ea???
    Hihi... :p

    ReplyDelete
  16. Roel ga salah pokoknya, lombok itu pulau eksotik menawan n indah mantab

    ReplyDelete
  17. kalo pulau gilik tu mana ya sob?

    ReplyDelete
  18. Pulau Lombok emang menawan, apalagi pulau - pulau kecil di sekitarnya yang biasa di sebut Gili

    ReplyDelete
  19. http://www.lombok-paradise-property.com

    ReplyDelete
  20. hoho.. maksih infonya
    berguna banget nih, karena dari dulu pengen banget ke pulau lombok seklian bulan madu 6 taon lagi.., heuheuheu

    ReplyDelete